Bisnis Menggunakan Mobile Commerce

mobile commerce

Melihat perkembangan mobile computing yang semakin pesat, dapat disimpulkan bahwa pengguna perangkat mobile pun terus menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Bahkan, jika kita perhatikan baik-baik, bukan merupakan hal yang aneh jika melihat satu orang memiliki lebih dari satu perangkat mobile dengan bermacam-macam merek. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Accenture pada 1.100 responden di Asia, menunjukkan bahwa pasar ponsel di Asia tumbuh 25% setiap tahunnya. Dan 69% dari respon tersebut memilih ponsel sebagai alat pembayaran. Persentase inilah yang menjadi indikasi adanya bisnis dari pertumbuhan pengguna ponsel yang sering ditemui dengan nama Mobile Commerce.

Menurut Ericsson, Mobile Commerce adalah jasa transaksi terpercaya melalui mobile devices untuk pertukaran barang dan jasa antara konsumen, pedagang, dan institusi finansial. Jadi selama terjadi transaksi atau perpindahan uang dengan perantaraan mobile devices maka dapat dikategorikan sebagai mobile commerce. Jadi dapat disimpulkan Mobile commerce atau yang sering disebut m-commerce secara umum merupakan aktivitas peragangan berbasis perangkat bergerak, seperti ponsel. Oleh karena itu m-commerce menawarkan kemudahan, baik bagi konsumen maupun produsen dalam bertransaksi. Hal ini diyakini dapat memberikan nilai tambah dalam kegiatan jual beli barang maupun jasa. Mobile Commerce memiliki banyak sekali keuntungan, salah satunya adalah bertransaksi melalui Mobile Commerce dapat dilakukan dimana saja dengan light-weighted device. Tetapi dibalik keuntungannya tersebut, juga terdapat kekurangan seperti kekecewaan pelanggan karena teknologi mobile commerce belum sehebat teknologi dalam PC.

Meskipun memiliki batasan dan kekurangan, tidak sedikit perusahaan mengalihkan bisnisnya menggunakan mobile commerce yang diyakini akan semakin berjaya dari tahun ke tahun. So, untuk Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai mobile commerce lebih dalam seperti pengertian, tipe, arsitektur dan bahkan keamanannya, Anda dapat mendownload dokumen dan presentasi dibawah secara gratis.

File: Doc Totolan Mobile Commerce

File: PPT Totolan Mobile Commerce

Dengan membaca dokumen dan PPT tersebut, ilmu mengenai salah satu teknik bisnis Anda akan bertambah dan Anda akan semakin siap untuk mengembangkan bisnis Anda dengan menggunakan teknologi informasi terutama dalam bidang mobile. Untuk ilmu mengenai teknologi informasi lainnya, Anda dapat membacanya dalam kategori Information System.  Dan jangan lupa untuk terus update mengenai BINUS University dengan mengunjungi website BINUS University.

 

About machlizadevi

20th years old, student at School of Information System BINUS University, copywriter at Sribu, and I love food especially dessert and cakes.
This entry was posted in Topik-Topik Lanjutan SI and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *