Extreme Programming Pilihan Metodologi Pengembangan Sistem?

values-tetrahedron

Zaman yang terus berkembang akan berdampak besar dalam semua bidang terutama bidang teknologi informasi. Jika bidang IT tersebut meningkat, maka kepuasaan pelanggan pun ikutan meningkat bukan? Hal tersebutlah yang selalu membuat perusahaan-perusahaan kewalahan mencari cara bagaimana mereka terus bisa memuaskan pelanggan. Salah satunya adalah menjaga sistem agar tetap up to date. Bagaimana caranya? Tentunya dengan adanya pengembangan sistem. Apa itu pengembangan sistem? Mengapa pengembangan sistem sangat berguna untuk menjaga eksistensi perusahaan? Pengembangan sistem merupakan suatu aktivitas untuk menyempurnakan sistem lama perusahaan dan menjaganya tetap up to date. Tetapi, untuk mengembangkan suatu sistem lama tidak bisa sembarangan. Anda harus memilih metodologi yang paling tepat dalam mengembangkan sistem tersebut. Salah satunya adalah extreme programming

Extreme Programming merupakan salah satu dari sekian banyak metodologi pengembangan sistem. Extreme Programming ditujukan kepada mereka yang melakukan pengembangan sistem secara cepat. Extreme Programming merupakan salah satu cara untuk mengatasi perubahan situasi dan kondisi yang cepat. Extreme Programming merupakan salah satu model proses dari Agile Software Development yang merupakan salah satu metodologi dalam pengembangan sistem berbasis Software Development Life Cycle (SDLC). Extreme Programming atau yang dikenal sebagai XP adalah sebuah model pengembangan sistem yang menyederhanakan berbagai tahapan proses pengembangan tersebut agar tercapainya peningkatan efisiensi dan fleksibelitas sebuah proyek pengembangan perangkat lunak. Extreme Programming tidak hanya berfokus pada source code atau coding, tetapi meliputi seluruh area pengembangan.

xp

Banyak sekali yang bisa Anda pelajari mengenai Extreme Programming. Dari mulai asal mula sejarahnya, nilai dasarnya, sampai bagaimana kerjanya. Anda harus ingat, bahwa sebelum melakukan pengembangan sistem Anda harus memilih metodologi pengembangan sistem yang tepat. Dengan mempelajari Extreme Programming, maka Anda telah satu tingkat dari menghindari resiko terjadinya kegagalan pengembangan sistem. Untuk mempelajari lebih dalam, Anda dapat membaca dokumen paper ilmiah Extreme Programming sebagai metodologi pengembangan sistem secara gratis. Dan jangan lupa untuk menambah ilmu mengenai sistem informasi lainnya, mengenai desain dan bisnis, atau sekedar membaca berita-berita terbaru mengenai BINUS University.

About machlizadevi

20th years old, student at School of Information System BINUS University, copywriter at Sribu, and I love food especially dessert and cakes.
This entry was posted in Topik-Topik Lanjutan SI and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *