Mengenal Dunia E-Payment Lebih Dalam

e-payment

Perkembangan zaman saat ini telah meningkatkan teknologi informasi jauh keatas jajaran globalisasi. Saat ini, sudah banyak sekali situs-situs e-commerce yang bermunculan atau bahkan banyak sekali toko tradisional yang membuat e-commerce dalam guna meningkatkan mutu perusahaan. Tetapi, rata-rata situs-situs e-commerce di Indonesia masih memberlakukan pembayaran tunai atau transfer bank secara manual. Inilah masalah yang perlu ditangani jika Indonesia siap untuk menggunakan e-commerce secara rutin, yaitu mau menggunakan e-payment atau pembayaran elektronik.

E-Payment merupakan suatu sistem yang menyediakan alat-alat untuk pembayaran transaksi jasa atau produk yang dapat dilakukan di internet. Dalam e-Payment, pelanggan mengirimkan semua data terkait dengan pembayaran kepada pedagang, kemudian tidak ada interaksi eksternal lebih lanjut antara pedagang dan pelanggan. E-Payment juga memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan efisiensi pembayaran, meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu  bahkan meningkatkan customer loyality. Tetapi, masyarakat Indonesia belum siap untuk menggunakan e-Payment dalam kehidupan sehari-hari.

perusahaan e-payment

Walaupun begitu, potensi e-Payment di Indonesia sangat besar. Contohnya saja sudah banyak munculnya platform e-payment seperti Coda Payment. Coda Payment adalah perusahaan asal Singapura yang bekerja sama dengan perusahaan Telekomunikasi di Indonesia seperti Axis dan Esia Mobile untuk mengimplementasikan proses pembayaran digital yang lebih mudah. Selain Coda Payment, juga terdapat Veritrans. Veritrans merupakan online payment gateway untuk pasar Indonesia. Veritrans berusaha keras untuk menyederhanakan pembayaran online dengan memberikan satu pintu integrasi untuk kartu kredit Mandiri ClickPay, BCA Klik-Pay, CIMB Clicks, BRI e-Pay, XL Tunai, Telkomsel T-Cash dan pilihan pembayaran lainnya. Veritrans bekerja sama dengan mayoritas bank-bank terbesar di Indonesia dan beberapa kliennya diantaranya Blitzmegaplex, Rakuten Indonesia, Berrybenka dan masing banyak perusahaan e-Commerce lainnya.

Hanya saja, sebelum menuju kesuksesan e-Payment di Indonesia, masyarakat Indonesia masih perlu diberikan ilmu mengenai e-Payment. Seperti apa itu e-Payment, apa manfaatnya, apa kerugiannya, jenis model e-Payment serta harus dibekalinya ilmu mengenai keamanan e-Payment agar masyarakat merasa aman atas transaksi yang Ia gunakan. Oleh karena itu, didalam artikel ini terdapat file berbentuk Power Point yang berisi mengenai dunia e-Payment yang dapat di download secara free.

File: PPT Totolan E-Payment

Ilmu mengenai e-Payment akan sangat bermanfaat dikemudian hari untuk menyambut semakin canggihnya teknologi informasi di Indonesia. Jika anda ingin menambah ilmu lain mengenai teknologi informasi maupun sistem informasi, jangan lupa untuk membaca artikel dengan tema sistem informasi lainnya. Dan tentunya jangan lupa main ke website BINUS University, kalian akan menemukan informasi seputar BINUS Universitas.

About machlizadevi

20th years old, student at School of Information System BINUS University, copywriter at Sribu, and I love food especially dessert and cakes.
This entry was posted in Topik-Topik Lanjutan SI and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *