Yuk, Mengenal Software Open Source

software open source

Bagi kalian yang sangat mencintai dunia teknologi informasi, pasti tidak asing dengan istilah open source. Tetapi, bagi kalian yang masih ‘awam’ dengan teknologi informasi mari kita mengenal open source lebih baik. Open source yang dimaksud disini merupakan software open source, yaitu program atau aplikasi komputer yang lisensinya memberi kebebasan kepada user untuk menjalankan, mempelajari, dan memodifikasi program sesuai keinginan user tanpa harus membayar royalti kepada pembuat sebelumnya alias FREE. Pada umumnya, software ini dapat dimanfaatkan oleh siapa saja secara gratis. Berbeda dengan software komersial yang dikembangkan vendor tertentu sehingga kita harus membayar lisensinya. Bagi kalian yang menganggap bahwa software open source sulit dicari dan tidak mendukung sistem operasi yang kalian miliki, kalian salah total. Hampir semua software ini tersedia untuk berbagai macam jenis sistem operasi (windows dan linux). Dan meskipun gratis, kemampuan software ini cukup memadai. Bahkan tidak sedikit software open source yang kemampuannya melebihi software komersial sejenis.

Keuntungan software open source juga sangat banyak. Selain gratis, dalam open source juga lebih mudah ditemukannya bugs atau error. Kemudian juga lebih aman. Dan yang paling penting, banyaknya tenaga SDM untuk mengerjakan proyek sehingga kualitas produk lebih terjamin dan tidak akan disandera vendor, karena tenaga SDM tersebut memiliki hal untuk mendistribusikan modifikasi dan perbaikan pada source code. Tetapi dibalik keuntungan yang banyak itu, software open source juga memiliki kelemahan seperti tidak adanya proteksi terhadap HaKI (Hak Kekayaan Intelektual) dimana sebagian masyarakat menyalahggunakan penggunaan software open source seperti pembajakan, crack dan penyebaran serial number.

logoSOS

Menarik bukan? Lalu, apa saja contoh software open source yang mudah ditemukan? Cobalah untuk melihat isi komputer atau laptop Anda. karena sesungguhnya ada beberapa software open source yang sering Anda gunakan, tetapi Anda tidak sadar bahwa software tersebut termasuk ke dalam software open source. Mari kita ambil contoh kecil seperti Mozilla Firefox. Program web browser ini termasuk kedalam software open source yang pastinya sering kita gunakan. Selain itu, juga terdapat Audacity, yang merupakan program dan pengelola audio, dan juga GIMP, yang merupakan program pengelola foto dan gambar digital.

Lalu, bagaimana dengan XAMPP, Apache dan Joomla? Apakah mereka termasuk kedalam software open source? Untuk mengetahui informasi lebih dalam mengenai contoh software open source dalam bidang Sistem Informasi, Anda dapat men-donwload powerpoint dibawah ini secara gratis. Disini, Anda dapat akan diberikan ilmu lebih mendalam mengenai software open source serta melihat contoh-contoh open source di bidang e-learning, web developer, dan enterprise resource planning.

File: PPT Totolan Aplikasi Open Source

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya mengenai topik-topik Sistem Informasi. Dan tentunya jangan lupa main ke website BINUS University. Disana Anda akan menemukan informasi mengenai BINUS University. Sedangkan bagi kalian yang mencintai desain atau hanya sekedar ‘kepo’ dengan ilmu mengenai desain, yuk main ke Blog Sribu. Selain memberikan ilmu bermanfaat mengenai desain dan bisnis, Sribu juga mengadakan kontes-kontes desain berhadiah loh. So, mari kumpulkan ilmu sebanyak-banyaknya karena akan berguna pada saatnya nanti.

About machlizadevi

20th years old, student at School of Information System BINUS University, copywriter at Sribu, and I love food especially dessert and cakes.
This entry was posted in Topik-Topik Lanjutan SI and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *